Rabu, 04 Juli 2012

RPP SEMESTER 2 GRADE X (Descriptive Text)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)


Sekolah                                   : SMA Negeri 22 Surabaya
Kelas                                       : X ( Sepuluh )
Semester                                : 2 (Dua)
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Alokasi Waktu                       : 6 x 45 menit ( 3 x pertemuan )
Unit                                         : 5
Standar Kompetensi              :
Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar:
12.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dan lain-lain) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam esei pendek sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item.

Indikator:
• Menulis teks tulis fungsional pendek berbentuk brochure dengan benar dan berterima.
• Menulis teks descriptive dengan langkah retorika dan struktur teks yang benar dan berterima.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menulis teks tulis fungsional pendek berbentuk brochure dengan benar dan berterima.
2. Siswa mampu menulis teks descriptive dengan langkah retorika dan struktur teks yang benar dan berterima.

B. Materi Pembelajaran
• Teks tulis fungsional pendek Brochure.
• Teks descriptive.

C. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab.
2. Diskusi.
3. Praktik.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
KET
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan pendahuluan:
  • Tanya jawab singkat tentang struktur teks brosur.
b. Kegiatan inti:
  • Secara berkelompok,bertoleransi,bersahabat dan komunikatif menulis brosur tentang sebuah tempat wisata.
  • Menulis brosur secara kreatif tentang sebuah tempat yang menarik di kota.
  • Siswa bekerja keras menulis sebuah brosur untuk mempromosikan sebuah tempat yang menarik.
  • Mendeskripsikan secara singkat sebuah objek wisata ke dalam paragraf pendek.
c. Kegiatan penutup:
  • Membaca nyaring brosur yang dibuat siswa.

2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan pendahuluan:
  • Membaca nyaring teks descriptive yang ada di buku dengan lafal dan intonasi yang benar.
b. Kegiatan inti:
  • Secara mandiri menjawab pertanyaan pemahaman tentang teks.
  • Siswa bekerja keras menuliskan kembali teks dengan kata-kata sendiri.
  • Secara berpasangan, bersahabat dan komunikatif menulis teks descriptive berdasarkan gambar dan data yang tersedia.
c. Kegiatan penutup:
  • Membahas kosakata sulit yang ditemukan siswa.

3. Pertemuan ketiga
a. Kegiatan pendahuluan:
  • Tanya jawab singkat tentang teks descriptive.
b. Kegiatan inti:
  • Menulis teks descriptive berdasarkan petunjuk.
  • Siswa bekerja keras secara kreatif menulis sebuah teks descriptive bebas dengan memperhatikan struktur teks.
c. Kegiatan penutup:
  • Evaluasi tulisan siswa.


15’

60’







15’



15’


60’




15’



15’

60’



15


TM

TT







TT



TT


TT




TM



TM

TT



TM

E. Sumber Belajar
     Azar, Betty Schaempher. Basic English Grammar. London : Prentice hall.
  Doddy, Achmad et all (BSE).2008. Developing English Competencies for Senior High                                      School  (SMA/MA) Grade X. Surabaya : PT. Jepe Press Media Utama.
Hornby, AS. 1980. Oxford advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford : Oxford University Press.
F. Penilaian
a. Teknik penilaian:
• Tes tulis.
• Tes lisan.
b. Bentuk instrumen:
• Esai.
• Jawaban singkat.
c. Instrumen:
 Esai

A. Write a brochure which advertises or promotes an interesting place in your area.
Share your work with the class.
Jawaban:
Borobudur Temple
The hill like temple is located in Borobudur Village. This buddist shrine was made by Syailendra Dynasty thousand years ago. This temple is formed by millons of stones. The relief of the temple tells us stories about Buddha.
Visit this world wonder and feel the greatness of this temple.

Rubrik Penilaian Menulis (Uraian dan Esei)
Aspek
Uraian
Skor
Tata bahasa
Semua benar.
Kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna.
Kurang tepat dan mempengaruhi makna.
Tata bahasa tidak tepat.
Semua salah.

4
3
2
1
0
Koherensi
Hubungan antar gagasan jelas.
Terdapat transisi hubungan antar gagasan.
Hubungan antar gagasan kurang jelas.
Hubungan antar gagasan tidak jelas.
Sama sekali tidak terdapat hubungan antar gagasan.
4
3
2
1
0
Keterbacaan
Makna jelas dan diungkapkan secara efektif.
Makna jelas, tetapi tidak diungkapkan secara efektif.
Makna kurang jelas.
Makna tidak dapat dipahami.
Tidak bermakna.
4
3
2
1
0
Diksi
Pilihan kata tepat dan efektif.
Pilihan kata tepat, tetapi kurang efektif.
Pilihan kata kurang tepat dan tidak efektif.
Pilihan kata tidak tepat dan tidak efektif.
Salah semua.
4
3
2
1
0
Tujuan Komunikatif Teks
Jelas.
Cukup jelas, tetapi masih ada kesalahan.
Sulit dimengerti.
Tidak jelas.
Salah.
4
3
2
1
0

Skor maksimal           = 20
Nilai siswa                  = Skor perolehan × 10 = . . . .
    Skor maksimal
= Skor perolehan × 10 = . . . .
20
B. Write a descriptive text.
Mind the structure of the text.
Follow the instructions below.
1. Think of a natural phenomenon or a natural resource, for example the flood in Jakarta.
2. Describe the phenomenon or the resource.
3. Describe how people treat the resource or how they feel about the natural phenomenon.
Answer:
Mount Merapi is one of the most active mountains in Indonesia. It is located at the border
between Central Java and Yogyakarta province. The mount often erupts every four or five years.
During the eruption of the mountain, the people of the surrounding villages are evacuated. People usually wait until the eruption ends. They are afraid of hot clouds called “wedus gembel” which often arise during the eruption. After the eruption ends, they come back to their houses. The lava usually flows through rivers. People cleans their surroundings because the eruption leaves ashes everywhere.

Skor maksimal           = 20
Nilai siswa                  = Skor perolehan × 10 = . . . .
   Skor maksimal
= Skor perolehan × 10 = . . . .
20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar